Khasiat Dan Manfaat Spirulina

Warna hijau pada spirulina disebabkan oleh kandungan pigmen klorofil, sedangkan warna biru berasal dari pigmen phycocyanin. Tumbuhan ini telah dikonsumsi suku Aztek kuno di Meksiko sejak 5 abad lalu dan diolah dalam bentuk biskuit.

Spirulina lebih banyak dikonsumsi sebagai suplemen atau makanan kesehatan. Spirulina mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Mengkonsumsi spirulina mendapat keuntungan dari pigmen klorofil yang memberi warna hijau, tetapi pigmen phycocyanin yang memberi warna biru.

Phycocyanin adalah pigmen terpenting dari mikroalga spirulina dan merupakan protein kompleks dengan kadar sekitar 20 persen dari seluruh berat kering spirulina. Itulah sebabnya spirulina dianggap sebagai sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein per 100 gram spirulina dapat mencapai 57,5 gram. Konsumsi 100 gram spirulina dapat memenuhi seluruh kebutuhan tubuh akan protein setiap hari. Beberapa ahli menggolongkan spirulina ke dalam kelas green food.

Spirulina

Manfaat Spirulina Bagi Tubuh

1. Spirulina disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung karena wanita hamil memerlukan protein tinggi, yaitu berkisar 44-74 gram per hari. Protein spirulina sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan sel otak janin.

2. Orang dewasa yang terluka atau memar, mengonsumsi protein dapat membantu membangun kembali sel-sel yang rusak. Kadar proein spirulina tinggi tapi tidak mengandung kolesterol. Komposisi asam amino esensial lengkap

3. Pada kasus stoke, spirulina membantu mengarahkan sel-sel otak sehingga mencegah stroke berulang sekaligus mendorong regenerasi sel.

4. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa phycocyanin dapat menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang. Sel batang mempunyai peran penting dalam memproduksi sel darah putih dan sel darah merah. Sel darah putih berfungsi membantu meningkatkan imunitas tubuh, sedangkan sel darah merah berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Phycocyanin adalah pigmen dengan struktur mirip betakaroten, yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dan berperan aktif melindungi tubuh dari penyakit tertentu. Penelitian di Jepang menunjukkan, pemberian phycocyanin secara oral pada tikus yang menderita kanker hati dapat meningkatkan kemampuan hidup tikus tersebut.

Sedangkan tikus yang menderita kanker darah setelah mendapat phycocyanin menunjukkan aktivitas limfosit (sel darah putih) yang lebih tinggi. Secara umum, sistem limfosit berfungsi memelihara kesehatan organ tubuh, mencegah atau melawan kanker, borok, pendarahan akibat wasir, dan penyakit lainnya.

Beberapa tahun terakhir ini, phycocyanin dilaporkan memiliki kemampuan sebagai antioksidan, anti radang dan pelindung sel otak. Efek antioksidan terbukti mampu membersihkan radikal bebas, seperti alkoksil, hidroksil dan peroksil.


=====================================

>>> Spirulina Luxor Makanan Terlengkap Untuk Kesehatan Yang Membersihkan (Detoksifikasi) dan Memberi Gizi, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Manfaat Spirulina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>